CEO Message #24 Co-Branding Wonderful Indonesia

CEO Message #24 Co-Branding Wonderful Indonesia - Hallo sahabat WAH KABAR, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul CEO Message #24 Co-Branding Wonderful Indonesia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneh, Artikel Artist, Artikel Berita, Artikel Celebrities, Artikel Gossip, Artikel Hari Ini, Artikel Kabar, Artikel News, Artikel Singapore, Artikel Socialita, Artikel Today, Artikel Unik, Artikel Update, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : CEO Message #24 Co-Branding Wonderful Indonesia
link : CEO Message #24 Co-Branding Wonderful Indonesia

Baca juga


CEO Message #24 Co-Branding Wonderful Indonesia

 

Oleh Dr Ir Arief Yahya MSc


Dalam ilmu ‭branding‬, kita mengenal apa yang disebut ‭co‬-‭branding‭. Sederhananya, ‬co‭-‬‬branding‭ adalah‭ ‬‬partnership‭ antara‭ ‬dua‭ ‬brands‭ ‭yang‭ ‬berbeda.‭ ‬Tujuannya‭ ‬adalah‬ sinergi. Definisi paling gampang dari sinergi adalah 1 + 1 = 3, bukan 2. Artinya, “‭the‬ whole‭ ‬is‭ ‬bigger‭ ‬than‭ ‬the‭ ‬parts‭,”‭ ‬hasil‭ ‬gabungan‭ ‬lebih‭ ‬besar‭ ‬dari‭ ‬jumlah‭ ‬bagian-‬bagiannya. Dengan ber-‭cobranding‬ maka kekuatan ‭brand‬ ‭equity‬-nya akan berlipat-lipat.

Ambil contoh Aqua-Danone. Kita tahu Aqua adalah‭ brand‬ yang dikenal sebagai‭ local‬ champion‭ yang menguasai pasar air‭ ‬minum‭ ‬dalam‭ ‬ kemasan‭ ‬(AMDK)‭ ‬di‭ ‬Indonesia.‬

Sementara Danone adalah ‭global‬ ‭champion‬ yang memiliki pasar di seluruh dunia. Apa jadinya jika Aqua dan Danone menyatukan diri melalui ‭co‬-‭branding‬. Yang terjadi adalah,
image‭ Aqua terangkat menjadi “‬local champion‭ ‭ ‬yang mengglobal”. Sementara‭ ‬‬brand Danone pun terangkat menjadi “‭global champion‬ yang melokal”. Hasilnya adalah ‭win-‬win partnership‭ yang menghasilkan entitas gabungan yang jauh lebih ‬powerful‭. ‬

Co‭-‬branding‭ ‭ ‬juga dilakukan untuk memperluas jangkauan target pasar dan mengerek‬ ekuitas‭ ‬dari ‭brands‬ yang‭ ‬bergabung.‭ ‬Contohnya,‭ ‬Garuda‭ ‬Indonesia‭ ‬melakukan ‭co‬-branding‭ ‭ ‬dengan‭ ‬Citibank‭ ‬untuk‭ ‬memperluas‭ ‬pasar‭ ‬dengan‭ ‬saling‭ ‬memanfaatkan‬ customer‭ ‬base‭ masing-masing. Garuda Indonesia bisa memanfaatkan ‬customer base‭-‬nya Citibank, begitu pula sebaliknya. 

 Di samping itu, manfaat langsung yang diperoleh dari kerjasama‭ ‬ ‭co‬-‭branding‬ adalah adanya penghematan biaya promosi yang substansial. Ya, karena dengan berpartner maka‭ ‬biaya‭ ‬promosi akan ditanggung‭ ‬secara bersama. Di sini akan‭ ‬terjadi‭ sharing‬ resources‭ antar dua‭ ‬‬brand‭ yang ber-‬cobranding‭.‭ ‬ ‬

‭Ketika Intel (yang ‭ ‬terkenal dengan‬ slogan ‭Intel Inside‬) dan HP ber-‭cobranding‬, maka promosi yang mereka jalankan di TV, print‭, atau digital akan ditanggung bersama sehingga lebih efisien.   ‬

Now’s the Time
Kita patut berbangga karena selama dua tahun lebih kita berjuang mendongkrak ‭brand‬ equity‭ Wonderful‭ ‬Indonesia‭ ‬dan‭ ‬hasilnya‭ ‬sangat‭ ‬menggembirakan.‭ ‬Pada‭ ‬2013,‬ Wonderful Indonesia praktis tidak dikenal oleh dunia, namun pada 2015 peringkatnya berada di ‭ ‬posisi 47 atau naik 100 peringkat, dari 141 negara. Sementara itu, brand Amazing Thailand berada di peringkat 83, dan Malaysia Truly Asia di peringkat ke-96. Tak hanya itu, kini Wonderful Indonesia sudah menjadi “‭global‬ ‭brand‬” karena ‭exposure‬ kita di mancanegara sudah cukup massif. 

Karena‭ ‬brand‭ ‬Wonderful‭ ‬Indonesia‭ ‬sudah‭ ‬diperhitungkan‭ ‬di‭ ‬domestik‭ ‬maupun‭ ‬di mancanegara, maka kinilah‭ ‬saatnya kita melakukan‭ ‬sebanyak‭ ‬mungkin‭ co-branding‬ dengan berbagai pihak. Karena ‭brand‬-nya sudah kuat maka kini berbagai pihak mulai bangga menyematkan ‭brand‬ Wonderful Indonesia ke produk atau atribut mereka. Sama dengan ‭ ‬kenapa kita bangga mengenakan jersey MU atau Barcelona. Karena‭ brand‬ equity‭ dua klub sepak bola papan atas itu memang sangat kokoh. Inilah ‭the power of‬‬ brand‭.    ‬

Kini misalnya, mulai banyak pemilik‭ ‬ ‭brand‬ ‭ ‬yang minta ke saya agar‭ ‬ ‭brand‬ ‭ ‬Wonderful Indonesia bisa disematkan di kemasan produk mereka. Salah satunya adalah brand Papatonk, produk‭ shrimp‬ ‭crackers‬ yang dipasarkan di Cina dan diposisikan sebagai Indonesian‭ ‬premium‭ ‭ ‬‬brand‭. Dengan bangga‭ ‬ ‬brand‭ ‭ ‬ini menyematkan‭ ‬brand‬ ‭Wonderful‬ Indonesia dengan tambahan kata-kata: “‭The Official Snack Ambassador for Indonesian‬ Tourism‭.”  ‭ ‬‬

‭Dan memang terbukti setelah   memasang logo Wonderful Indonesia‬ penjualannya langsung melesat. Sampai sekarang penjualannya sudah mencapai 3 juta pack‭. Artinya melalui‭ ‬ ‬co‭-‬branding‭, Wonderful Indonesia terbukti mampu me-‭leverage‬‬ brand tersebut.

Contoh lain adalah‭ ‬ ‭co-branding‬ ‭ ‬dengan Blackberry Merah Putih (BBMP). BBMP yang dipercaya‭ ‬ ‭ ‬memproduksi‭ ‬dan‭ ‬memasarkan‭ ‬ ‭ ‬produk‭ ‬Blackberry‭ ‬berbasis‭ ‬Android‭ ‬di
Indonesia‭ ‬meminta‭ ‬kerjasama‭ ‬dengan‭ ‬ ‭ ‬Kemenpar‭ ‬untuk‭ ‬menggunakan‭ ‬gambar‭ ‬dan video Wonderful Indonesia di telepon cerdas BBMP. Dengan kerjasama itu diharapkan
kedua‭ brand‬ tersebut saling memperkuat‭ ‬brand‬ BBMP sebagai‭ global brand‬ ‭dengan identitas Merah Putih.   

Ambil‭ ‬contoh‭ ‬lain‭ ‬kerjasama‭ co‬-‭branding‬ ‭ dengan‭ ‬hotel‭ ‬dan‭ ‬restauran.‭ ‬Kita‭ ‬bisa memasang stiker berukuran besar‭ ‬atau‭ wall‭ ‬of ‭ ‬fame‭ ‭ ‬Wonderful Indonesia‭ ‬di‭ ‬‬public‬ space‭ hotel atau restauran yang bisa dipakai untuk ‬selfie‭ para tamu. ‬

‭Di era Instagram‬ sekarang ini, para tamu hotel atau restoran hobinya adalah berselfi ria. Kalau di setiap hotel dan restoran ada ‭wall of fame‭ Wonderful Indonesia maka mereka akan berselfie di‬‬ wall of fame‭ Wonderful Indonesia dan meng-‬upload‭ di Instagram. ‬

Hal yang‭ ‬sama‭ ‬bisa‭ ‬dilakukan di pusat-pusat‭ ‬ ‭ ‬destinasi wisata‭ ‬di‭ ‬seluruh‭ ‬Tanah Air bekerjasama‭ ‬dengan‭ ‬Dispar-Dispar.‭ ‬Di‭ ‬setiap‭ ‬ ‭ ‬destinasi‭ ‬wisata‭ ‬tentu‭ ‬ada‭ ‬gerbang masuk atau ‭landmark‭ di pusat destinasi wisata. Nah kita bisa menempel logo Wonderful‬‬ Indonesia di ‭ ‬tempat-tempat‭ ‬ tersebut. Kalau‭ landmark‬ itu ‭ ‬dibangun‭ ‬oleh‭ ‬Dispar atau pemilik destinasi, sementara Kemenpar cukup menempel logo Wonderful Indonesia di situ, maka penghematan biayanya lumayan besar. 

Contoh‭ ‬lain‭ ‬lagi‭ ‬adalah‭ ‬bus-bus‭ ‬pariwisata.‭ ‬ ‭ ‬Kalau‭ ‬bus‭ ‬pariwisata‭ ‬seharusnya‭ co-‬branding‭ ini wajib, mereka harus memasang logo Wonderful Indonesia di badan bus. Di‬ sini‭ ‬ ‭ ‬Kemenpar‭ ‬akan‭ ‬membantu‭ ‬menyediakan‭ ‬ ‭ ‬stikernya‭ ‬yang‭ ‬disesuaikan‭ ‬denggan warna dasar busnya. Bayangkan kalau seluruh bus pariwisata dipasang logo Wonderful
Indonesia‭ ‬dan‭ ‬bus-bus‭ ‬itu‭ ‬hilir‭ ‬mudik‭ ‬ke‭ ‬ ‭ ‬mana-mana,‭ ‬ maka‭ exposure‬ Wonderful Indonesia akan tinggi sekali. 

Bentuk lain‭ co-branding‬ adalah dengan para pemilik‭ brand ‬seperti Papatonk di atas. Mereka‭ ‬bisa‭ ‬menempelkan‭ ‬logo‭ ‬Wonderful‭ ‬ ‭ ‬Indonesia‭ ‬di‭ ‬produk‭ ‬atau‭ ‬kemasannya. Jenis‭ ‬produknya‭ ‬bisa‭ ‬bermacam-macam‭ ‬mulai‭ ‬dari‭ ‬makanan,‭ ‬minuman,‭ ‬kosmetik, fesyen, dan lain-lain. 

Misalnya ‭co‬-‭branding‬ dengan Indofood. Kita tahu Indomie sudah dipasarkan di sekitar 80 negara. Di Arab Saudi dan Nigeria Indomie bahkan sudah menjadi ‭household brand‭.‬‬ Kalau Wonderful Indonesia bisa‭ ‬ ‭co‬-‭branding‬ ‭ ‬dengan Indomie di 80 negara pasti luar biasa. Begitu juga ‭co‬-‭branding‭ dengan Kopiko (Mayora) yang menjadi ‭market‬ ‭leader‬ di‬‬
Cina atau Extra Joss (Kalbe) yang nomor satu di Filipina.  

Saya berpikir melakukan ‭co-branding‬ ini terutama karena ingin menghemat anggaran. Kalau kita bisa menghemat anggaran, maka anggaran sisa bisa kita alokasikan ke pos-pos‭ ‬kegiatan‭ ‬ promosi‭ ‬lain‭ ‬secara‭ ‬lebih‭ ‬maksimal.‭ ‬Dari‭ ‬total‭ ‬100%‭ ‬biaya‭ ‬yang seharusnya‭ ‬kita‭ ‬keluarkan,‭ ‬saya‭ ‬punya‭ ‬target‭ ‬kita‭ ‬cukup‭ ‬membiayai‭ ‬10%.‭ ‬Artinya, melalui kerjasama ‭co‬-‭branding‬, kita bisa berhemat hingga 90%.   
Salam Pesona Indonesia !!!

*)Dr. Ir.‭ ‬Arief Yahya, M.Sc
Menteri Pariwisata


Demikianlah Artikel CEO Message #24 Co-Branding Wonderful Indonesia

Sekianlah artikel CEO Message #24 Co-Branding Wonderful Indonesia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel CEO Message #24 Co-Branding Wonderful Indonesia dengan alamat link https://wahkabar.blogspot.com/2017/04/ceo-message-24-co-branding-wonderful.html

Subscribe to receive free email updates: